Skip to main content

Sekretaris Fraksi PSI DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Emanuella Ridayati meminta Pemerintah Kota (Pemkot) waspada dalam menghadapi isu hepatitis akut yang menyerang anak di wilayah DKI Jakarta. Antisipasi harus dilakukan. Mengingat lemahnya upaya preventif terhadap penyebaran Covid-19 beberapa waktu lalu.

“Pergerakan orang sudah sangat tinggi selama arus mudik Lebaran ini. Saya khawatir virus misterius ini dapat menyebar dengan mudah, karena setelah libur Lebaran ini anak-anak juga sudah melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah,” jelas Rida kepada wartawan, Senin 9 Mei 2022.

Saya meminta Pemkot, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus melakukan monitoring. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sudah mengeluarkan surat edaran. Saya harap semua pihak menjalankan perintah yang ada dalam surat edaran tersebut, serta membantu mensosialisasikan edaran tersebut ke masyarakat,” tambahnya.

Berdasarkan keterangan para ahli, kasus hepatitis akut yang menyerang tersebut berkaitan dengan adenovirus dan SARS-CoV-2 atau virus penyebab COVID-19. Sehingga, ungkap Rida, penanganan dan pencegahan optimal harus dilakukan oleh Pemkot Tangsel.

“Virus ini harus menjadi ‘tanda bahaya’ yang menjadi perhatian Pemkot. Saya meminta semua pihak jangan lengah akan penyakit baru ini, agar tidak terjadi kegagapan seperti awal munculnya Covid 19,” ungkap Rida.

Anggota DPRD dari Dapil Kecamatan Pondok Aren itu menegaskan, peran puskesmas-puskesmas di wilayah menjadi sangat penting, dalam upaya pencegahan menyebarnya hepatitis akut di Kota Tangsel.”Masyarakat harus ikut proaktif dalam mencegah penyakit ini. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, mulai dari memastikan makanan dalam keadaaan matang dan bersih, tidak memakai alat makan bersamaan, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menghindari kontak dengan orang sakit,” tutup Rida.***

Sumber: https://zonabanten.pikiran-rakyat.com/banten/pr-234436322/fraksi-psi-minta-pemkot-tangsel-jangan-gagap-hadapi-isu-hepatitis-akut?page=2

 

Leave a Reply

X
X